Destinasi Liburan Seru Bersama Keluarga Di Istanbul

Turki adalah sebuah negara yang menyimpan pesona sejarah masa lalu pada masa dan kemoderenan masa kini. Perpaduan kejayaan konstantinopel dan kerajaan islam turki ustmani masih bisa kita rasakan dan saksikan di berbagai arsitektur yang memenuhi kota. Sentuhan modernitas yang metropolis menambah warna unik dan eksotis pada bangunan-bangunan yang ada di turki. Berwisata di turki memberikan anda sensasi penjelajahan mesin waktu ke masa lalu dan masa kini. Perpaduan Eropa dan Asia yang kental semakin menambah keunikan tersendiri bagi Turki yang menciptakan keindahan yang mengagumkan bagi mata yang memandang.

 

Ketika berlibur ke Istanbul, Turki bersama keluarga, jangan lewatkan tempat-tempat berikut. Beberapa diantaranya sangat ikonik dan akan membuat liburanmu menjadi ekstra seru.

 

  • Hagia Sophia

 

Hagia Shopia seolah menjadi saksi bisu sejarah yang sampai kini masih ramai dikunjungi. Hagia Sophia yang dibangun pada tahun 360 Masehi ini awalnya adalah gereja Basilika, hingga berabad-abad berikutnya ketika Konstantinopel ditaklukan oleh Roma yang mengubah bangunan ini menjadi Gereja Katolik Roma.

 

Tak cukup sampai disitu, sekali lagi Hagia Sophia atau juga disebut Aya Sofia dirubah menjadi mesjid ketika penaklukan Konstantinopel oleh kerajaan Turki Usmani. Bentuk kubah Hagia Sophia kemuadian diadaptasi menjadi bentuk kubah mesjid yang sering kita jumpai. Hagia Sophia kemudian di jadikan museum pada tahun 1923 pada masa kekuasaan Mustafa Kemal Attaturk.

 

Bangunan ini kini menjadi sebuah museum yang menggabungkan gereja dan masjid dalam satu gedung dan menjadi destinasi wisata sangat populer di Istanbul bagi turis mancanegara. Temukan harga tiket pesawat citilink promo melalui situs travel tiket pesawat murah yaitu Reservasi.com.

 

  • Masjid Biru

 

Satu lagi bangunan ikonik kota Istanbul adalah Masjid Biruatau Masjid Sultan Ahmed yang dalam bahasa Turki disebut sultan ahmet camii. Masjid megah ini merupakan sebuah kekayaan arsitektur yang sangat indah. Memiliki enam menara dan kubah yang bertumpuk, masjid ini masih aktif digunakan selayaknya masjid selain juga dibuka untuk para wisatawan.

 

Masjid akan ditutup menjelang waktu shalat. Akan terlihat antrian pengunjung untuk masuk ke mesjid demi menyaksikan kemegahan arsitektur mesjid ini. Bagi wanita ketika memasuki masjid harus memakai penutup kepala untuk menutup rambut dan pakaian yang menutup hingga kaki bagi semua pengunjung.

 

Pada saat memasuki mesjid, alas kaki harus dilepas dan nantinya akan disediakan kantong plastik untuk menyimpan alas kaki. Disarankan juga untuk tidak menggunakan flash pada saat memotret.

  • Hippodrome Square

 

Hippodrome square menyimpan banyak rekaman peristiwa sejarah Turki sejak era byzantium, konstantinopel hingga kini. Hippodrome square terletak di alun-alundi depan Masjid Biru. Hippdrome konstantinopel dulunya merupakan pusat kegiatan masyarakat, tempat orang-orang berkumpul dan  arena olahraga.

 

Di sini juga terdapat obelisk dari Mesir yang terbuat dari granit merah muda dengan tinggi 60 meter dan berat sekitar 800 ton yang dulunya dikirim dari mesir ke Konstantinopel. Monumen lain yang terdapat di Hippodrome squre adalah colossus, dangerman fountain. Segera cek harga tiket pesawat citilink promo untuk persiapan liburan kamu tahun ini.

 

  • Topkapi Palace (Topkapi Sarayi)

 

Salah satu peninggalanke kaisaran Turki Usmania dalah Istana Topkapi yang dibangun pada abad ke 15 dan mejadi istana resmi hingga abad ke 19 dan pernah dihuni hingga 4000 orang. Kini istana topkapi telah diubah menjadi museum dan bisa dikunjungi oleh umum setiap hari kecuali hari Selasa mulai pukul 9 pagi hingga 4 sore.

 

Kompleks istana terdiri dari lapangan dan bangunan-bangunan kecil dengan berbagai fungsi .Bangunan paling terkenal dari istana ini adalah ‘Harem’ yaitu bangunan khusus bagi para istri sultan dan anak mereka.

 

Museum ini menyimpan koleksi senjata dan alat perang yang digunakan pada jaman Turki Usmani, sekitar 10.000 koleksi keramik dan porselin Cina yang dulu pernah digunakan di Istana, peralatan makandan dapur dari perak dan berlapis emas, koleksi peralatan makan bergaya eropa, dan harta kekayaan kerajaan. Cek jadwal di situs resminya jika ingin mengunjungi Museum Topkapi Sarayi.

 

  • Grand Bazaar (Kapali Carsi)

 

Grand Bazaar adalah salah satudestinasi wisata belanja di Turki yang wajib kunjungi jika ingin mencari oleh-oleh khas Turki atau sekedar berbelanja. Pasar ini merupakan salah satu pasar tertua di dunia yang mulai ada pada era Sultan Mehmed II dengan luas 54.000m2 memiliki lebih dari 400 toko di seluruh jalan-jalannya.

 

Kamu bisa menemukan berbagai barang disini, seperti aksesoris, cenderamata, perhiasan ,karpet, dan barang antik dengan harga murah jika kamu pintar menawar. Pusat perbelanjaan lainnya yang terkenal adalah Arasta Bazaar (ArastaCarsi). Disini kamu bisa berbelanja dengan lebih tenang karena tidak seramai Grand Bazaar.

 

Kemanapun liburan kamu Temukan harga tiket pesawat citilink promo melalui situs travel tiket pesawat murah di Reservasi.com yang terpercaya di Indonesia.